Minggu, 01 April 2012

Terlelap Di Malam Hari


Terlelap Di Malam Hari

Terlelap di malam hari setelah kita beraktifitas seharian penuh dikala siang hari merupakan imbalan yang tepat, apalagi kalau kita terjaga dengan nyenyak. Padatnya aktifitas kita di siang hari menyebabkan kita mendambakan tidur yang nyenyak. Akan tetapi banyak ritual yang harus kita lakukan sebelum tidur agar mendapatkan kepuasan dikala tidur, seperti halnya membersihkan wajah dari make up atau debu, membersihkan gigi, menyiapkan tempat tidur agar nyaman, hingga mengganti pakaian tidur. Akan tetapi ada hal yang terpenting yang harus dilakukan seselum tidur, yaitu “Berdoa”.
Tidur yang baik adalah tidur yang terjaga dalam lindungan Tuhan setelah kita berdoa. Adapun adab sebelum tidur adalah :
1.     Tidak tidur terlalu malam setelah solat isya, kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk mengula ilm, ada tamu yang berkunjung atau menemani keluarga untuk berbincang-bincang, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Barzah Radhiyallahu’anhu :
“ Bhwasanya Rasulullah membenci tidur malam sebelum solat isya dan berbincang-bincang yang tidak bermanfaat setelahnya.” Hadist riwayat Al-Bukhari 568 dan Muslim 647 (235)
2.    Hendaknya tertidur dalam keadaan sudah berwudhu, sebagaimana hadist : “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan solat.” Hadist Riwayat Al-Bukhari 247 dan Muslim 2710
3.    Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan dan berbantalkan dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah : “Berbaringlah di atas rusuk kananmu” hadist Riwayat Al-Bukhari 247 dan Muslim 2710
4.    Tidak dibenarkan telungkup dengan perut sebagai tumpuan tidur bai tidur siang ataupun malam. “ Sesungguhnya tidur dalam posisi tengkurap adalah posisi tidur yang dimurkai Allah”. Hadist Riwayat Abu Dawud
5.    Membaca beberapa ayat-ayat Al-Qur’an seperti :
§  Membaca ayat kursi
§  Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah
§  Mengatupkan kedua telapak tangan lalu ditiup dan membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas kemudian dengan kedua tangan mengusap dua bagian tubuh yang dapat dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan sebanyak 3 kali.
§  Apabila merasa gelisah, dan merasa takut sebelum tidur malam atau merasa kesepian maka dianjurkan baginya untuk berdoa أعوذ بكلمات الله التامات من غضبه و شرعباده ومن همزات الشيا طين وأن يحضرون
“A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syari ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun”
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hambanya, dari godaan setan dan kedatangan mereka kepadaku. HR Abu Dawud 3893, At-Tirmidzi 3528.
§  Hendaknya mengibaskan tempat tidur sebelumtertidur agar terhindar dari kotoran, serangga, dll.
Jika kita telah melakukan tata cara sebelum tidur tersebut, Insya Allah tidur kita akan lelap dan selalu terjaga dari hal-hal yang dapat mengganggu tidur kita. Kualitas kita dalam tidur adalah penentu kita di esok hari dalam menjalani aktifitas.
“Tidurku Lelap, Semangatku Pol”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar