Kamis, 22 Desember 2011

Pengaruh Teknologi dalam Dunia Psikologi


Pengaruh Teknologi dalam Dunia Psikologi
                Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi dunia Psikologi. Adapun beberapa pengaruh teknologi dalam psikologi akan kita bahas.
                Misi Kognitif teknologi adalah untuk menyediakan forum untuk analisis ilmiah perkembangan baru yang dapat membantu atau meningkatkan fungsi kognitif-bidang penelitian dan pengembangan yang berkissar persepsi, memori, pemahaman, pengambilan keputusan, penalaran dan fungsi yang mungkin terjadi baik individu atau kelompok.
Kognisi dan Teknologi
                Telah ada pertumbuhan luar biasa dalam kognisi dan teknologi. Beberapa diantaranya :
1.       Penelitian desain dan menguji alat bantu kognitif
2.       Pengujian prosedur memori untuk meningkatkan mengingat atau penelitian pada pemecahan masalah, strategi yang meningkatkan generasi solusi
3.       Penelitian kinerja manusia dan faktor manusianya
4.       Penelitian baru dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan
5.       Penelitian di model kognitif dan robotika kognitif
6.       Pengujian sistem pemodelan dan stimulasi mendukung pembelajaran
7.       Dll.

Penjabaran yang lebih jelas terdapat dalam jurnal yang berjudul “The Journal’s Mission” yang dapat diakses pada http://www.cognitivetechnologyjournal.com/ .

Penggunaan teknologi komputer dalam psikologi konseling saat ini dieksplorasi dan potensi dampak negatif teknoligi komputer dibahas dalam hal penyalahgunaan aplikasi komputer, ketergantungan teknologi, dan pembatasan proses konseling.

Faktor yang berkontribusi terhadap penggunaan teknologi yang tidak tepat dibahas dalam prioritas tindakan dan penelitian. Penjelasan tersebut terdapat dalam jurnal yang berjudul “Computer Technology and Counseling Psychology” yang dapat diakses pada http://tcp.sagepub.com/content/14/4/567.abstract  .

13 komentar:

  1. berati teknologi juga penting dong yah buat psikologi ?

    BalasHapus
  2. iya neng,
    kan sekarang test psikologi banyak yang pake komputer

    BalasHapus
  3. menurut aku sih, mungkin dengan menggunakan teknologi komputer tugas kita sebagai psikolog dsb akan lebih mudah dan lebih akurat. bner gak?

    BalasHapus
  4. trus udah sejauh mna sih penerapan psikologi dngn teknologi di indonesia??
    khsusnya dlm dunia pndidikan

    BalasHapus
  5. thank's ya mba atas infonya

    BalasHapus
  6. trus, aplikasinya udah d pakai belum d psikologi ?
    sejak kapan teknologi itu d temukan ?

    BalasHapus
  7. Shanti ->
    iya bener banget tugas kita jadi lebih mudah diselesaikan dan kita pun dapat mempelajari keadaan emosional seseorang melalui software pelacak emosional.

    BalasHapus
  8. Ayu ->
    emm sejauh ini blum banyak sekolah-sekolah yang menerapkan teknologi tersebut. Tetapi sudah banyak instansi yang menggunakan software atau teknologi tersebut untuk mengetahui keadaan emosional, kognisi seseorang dan bahkan pemanfaatan robot kognitif, dll. Beberapa Universitas juga sudah memiliki beberapa alat-alat psikologi yang menggunakan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran.

    BalasHapus
  9. Meri ->
    Aplikasinya sudah mulai digunakan. Kalau sejak kapannya saya kurang begitu tau, tetapi saya akan mencari tau informasi lainnya tentang hal tersebut. heheee

    BalasHapus
  10. bagus sekali untuk aspirasi dalam kegiatan belajar mengetahui internet sangat membantu..

    BalasHapus
  11. menurut ajeng, sudah efesien kah peran teknologi dibidang psikologi kognitif? ada nggak hambatan-hambatan dalam penerapannya?

    BalasHapus
  12. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus